Thursday, December 14, 2017

Anda Harus Tahu Bahayanya Makan Nasi Panas!

Buat sebagian besar orang Indonesia yang mayoritas makanan pokoknya nasi, umumnya akan memilih mengonsumsi nasi selagi panas. Bukan begitu ?
Nasi yang masih mengepul disertai aroma khas nasi adalah penggugah selera nomor wahid, terutama dikala perut lapar. Konsumsi nasi bisa menjadi berlipat lagi ketika nasi panas disandingkan dengan lauk pauk dan sayuran favorit yang tak kalah sedapnya.
Mungkin itu juga yang menjadi alasan orang nomor 1 Indonesia saat ini, Bapak Presiden Joko Widodo selalu makan dengan nasi panas. Seperti diceritakan oleh koki istana, Chef Tri Supriharjo, kalau Bapak Jokowi akan jalan mengambil nasinya sendiri dari konter nasi karena ingin nasi yang panas.

Momen Jokowi dan beberapa pejabat tinggi negara makan-makan di warung soto. Kalau makanan berkuah semacam ini memang dinikmati selagi hangat
Namun siapa sangka, kalau nasi panas sebetulnya tidak baik bagi tubuh!
Kadar karbohidrat nasi panas dan dingin adalah sama. Namun mengonsumsi nasi panas bisa memacu makan secara berlebihan. Aroma nasi yang khas dan uap mengepul membuat makan tidak berhenti. Apalagi kalau ditambahkan lauk pauk dan sayur favorit. Bisa jadi tidak cukup hanya makan sepiring. Bukan begitu ?
Ini kenapa mengonsumsi nasi panas tidak dianjurkan. Terutama bagi penderita diabetes. Nasi punya sifat mudah dicerna dan akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Dalam istilah kedokteran angka yang menunjukan respon suatu makanan terhadap kada gula darah disebut Indeks Glisemik. Indeks glisemik nasi tinggi.
Konsumsi berlebih dan terus menerus akan berdampak kurang baik bagi penderita atau orang yang melakukan diet. Namun demikian, bagi mereka tetap dapat mengonsumsi nasi. Dilansir situs halosehat.com, penderita diabetes akan lebih baik mengonsumsi beras merah yang lebih kaya serat sehingga tidak mudah kenyang.
Mengantuk karena kekenyangan dan kemudian tidur adalah penyebab naiknya kadar gula darah.

Aroma nasi hangat memicu ingin makan terus-menerus 
Nasi panas pun bertekstur lebih lunak. Akibatnya kalian bisa menelan nasi lebih cepat tanpa mengunyahnya terlebih dahulu. Semakin cepat karbohidrat diserap tubuh, semakin cepat pula meningkatkan kadar gula dalam darah. Seperti contohnya bubur. Sedangkan nasi dingin yang bertekstur lebih keras, perlu dikunyah dulu sebelum ditelan.mengunyah dengan benar hingga lunak dan mengenai air liur akan berdampak baik bagi pencernaan. Dengan mengunyah, partikel makanan akan diserap oleh air liur untuk menaikkan energi dan membentuk enzim yang bisa memecah karbohidrat dan lemak.
Tak usah kuatir, buat Kita yang konsumsi utama adalah nasi tetap bisa mengonsumsinya dengan trik-trik aman berikut ini:
1.     Bagi yang sedang berdiet, beresiko kanker, diabetes atau penyakit berat lain dianjurkan mengubah jenis beras dari beras putih ke beras merah atau beras coklat. Jenis beras tersebut lebih kaya akan serat.

Mengganti varian beras demi menjaga kesehatan
2.     Jumlah nasi sekali makan dianjurkan hanya sebanyak 5 - 6 sendok makan. Sisanya isi dengan sayur dan daging.
3. Tidak mengkonsumsi nasi panas langsung ambil dari rice cooker atau dandang. Diamkan 15 - 20 menit supaya nasi mengeras dan UCers bisa mengunyahnya lebih lama.
4. Mendinginkan nasi di dalam lemari es selama kurang lebih 24 jam. Proses penyimpanan akan membentuk gelatin pada nasi yang membuatnya lebih susah untuk diserap. Atau dengan kata lain indek glisemiknya akan turun.
5.     Menambahkan 1 sendok makan minyak kelapa pada 1 cup beras yang akan dimasak. Cara ini akan menurunkan 50 – 60 persen kalori sehingga cocok untuk yang ingin berdiet.
Demikian mengapa nasi panas punya efek kurang baik untuk tubuh. Namun begitu, apakah kalian masih tetap mengonsumsinya?
Silahkan kalian berbagi artikel ini jika dirasakan bermanfaat.

Salam Indonesia #Berita #followme #lifestyle #Repost #l4l #hot #f4f #wedding #video #indonesia #meme #2017 #lfl #foto #barcelona #bali #fff #jakarta #hotel #share #news #bandung #travels #viral #trending #surabaya #medan #jogja #dagelan #n #Info #fashion #like4like #instagram #followme #follow #fitness #instalike #likeforlike #lifestyle #TagsForLikes #instapic #workout #health #pink #insta #money #indonesia #interiordesign #nutrition #dinner #healthylifestyle #interior #Toronto #arte #queen #Wine #bali #school #jakarta #New #instagood #photooftheday #fashion #Beautiful #picoftheday #art #happy #photography #instagram #style #follow #instadaily #travel #life #cute #beauty #fun #amazing #photo #Selfie #smile #friends #motivation #like #inspiration #summer #design #makeup #cool Infoindo.ga

No comments:

Post a Comment