Sunday, November 12, 2017

Cara Mudah Mengatasi Android No Signal ( Tidak Ada Sinyal / Sinyal Hilang )

Sinyal merupakan hal yang mutlak harus ada jika ingin smartphone Android Anda berfungsi sebagaimana mestinya. Tanpa adanya sinyal maka tak akan mungkin dapat melakukan komunikasi jarak jauh.

Namun permasalahan jaringan terkadang sering terjadi kepada kita seperti tak ditemukan jaringan yang dipilih, jaringan tidak didukung, tidak ada jaringan yang muncul dan sejumlah masalah lainnya. Dan pada umumnya hal ini memang terjadi saat berada di lokasi yang belum terjangkau sinyal sang operator atau provider jaringan.




Untuk Anda yang mengalami hal tersebut mungkin artikel ini bisa membantu Anda untuk mengatasi android no signal.

Perangkat Android sendiri memang cukup popular dikarenakan kemudahannya soal urusan mengoprek, ditambah lagi kalau telah dalam keadaan root. Akan tetapi kali ini saya akan membahas cara mengatasi android no signal tanpa root yang tentu akan memudahkan siapa saja untuk mencoba trik dan tips  yang akan dibagikan. Cara cepat dan mudah ini relatif ampuh untuk mengatasin permasalahan tersebut selama kondisi hardware android masih bagus tanpa kerusakan. Para teknisi kerap memvonis android tak ada sinyal dikarenakan terjadi kerusakan pada IC antenna.

Permasalahan no signal sendiri tak harus selalu dipecahkan dengan melakukan reset factory atau install ulang android. Berikut beberapa tips sederhana yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi permasalahan no signal di Android Anda:

Cara Mudah Mengatasi Android No Signal ( Tidak Ada Sinyal)


1.       Masuk Mode Pesawat (Airplane Mode)
Kita bisa memanfaatkan mode pesawat sebagai pengetesan awal mengatasi android no signal. Setelah meng-aktifkan mode penerbangan, biarkan smartphone Anda untuk beberapa menit dalam mode pesawat. Setelah beberapa saat coba Anda matikan mode pesawat pada Android Anda. Perangkat Android pun akan secara otomatis melakukan pencarian ulang sinyal operator Anda.

2.       Mematikan Android dan Hidupkan kembali
Tips yang kedua ini lebih dikenal dengan istilah melakukan reboot Android atau restart ulang. Anda hanya cukup menekan tombol power beberapa saat, kemudian akan muncul pilihan muat ulang atau reboot. Apabila tak tersedia menu ini maka Anda dapat memilih pilihan daya mati atau power off. Setelah beberapa saat Anda dapat menghidupkan smartphone Anda kembali.

Setelah melakukan restart maka android akan secara otomatis melakukan scan ulang terhadap sinyal yang hilang tadi. Kemungkinan besar smartphone Anda pun akan mendapatkan sinyal dari provider masing - masing.
3.       Atur pilih jaringan otomatis
Jika Anda masih belum jelas maksudnya, Anda dapat membuka menu setelan pada perangkat Android Anda. Pilih menu jaringan atau sinyal atau networks. Setiap merk Android tentu memiliki tampilan yang berbeda  dimana ada beberapa vendor yang menyembunyikan menu ini pada submenu lainnya.

Setelah itu pilih jaringan seluler (mobile networks) dan mengaktifkan pilihan otomatis untuk jenis jaringan yang dipilih. Apabila tak terdapat pilihan tersebut Anda dapat mengaktifkan pilihan 2G saja atau GSM saja. Kenapa demikian? Karena mungkin smartphone Anda tak bisa menangkap jaringan 3G atau 4G LTE di lokasi tersebut.

4.       Lepas serta Periksa SIM card
Apabila masih mengalami eror tak ada jaringan Anda dapat mencoba mematikan Android dan melepaskan kartu SIM. Coba Anda periksa dengan seksama kuningan pada SIM card Anda. Apabila ada kotoran yang menempel dapat Anda bersihkan dengan menggosokannya pada kain secaa perlahan. Sesudah itu cobalah pasang kembali dan nyalakan Android Anda. Periksa apakah sudah muncul bar sinyal pada perangkat Anda.

5.       Periksalah IMEI Android
Apakah Anda baru saja mengoprek smartphone Anda? Jika iya maka cobalah periksa nomor IMEI smartphone Anda karena bisa jadi terjadi kesalahan sistem di nomor IMEI android Anda. Untuk mengeceknya dapat dilakukan dengan men-dial atau melakukan panggilan pada kode rahasia *#06#.

Coba cek apakah akan tampil nomor IMEI Anda atau blank dan terjadi eror lainnya. Apabila muncul nomor IMEI Anda atau blank dan terjadi eror lainnya. Apabila muncul nomor IMEI, Anda dapat mencocokkannya dengan nomor IMEI yang tertera pada kardus handphone Anda. Apabila terjadi kesalahan maka cobalah mengunjungi dealer resmi atau kepada teknisi smartphone terpercaya untuk membenahi kesalahan nomor IMEI smartphone Android Anda.

6.       Kembali ke setelan pabrik
Ini merupakan cara pamungkas untuk mengatasi android no signal dan memang terbukti paling ampuh. Namun saya peringatkan jika dengan melakukan factory reset maka akan beresiko kehilangan semua data pada memori internal smartphone Anda. Semua data akan hilang atau terhapus.

Untuk melakukannya Anda dapat mengikuti langkah – langkah sebagai berikut:

Setelan> buat cadangan & setel ulang> kembalikan ke setelan pabrik.

Anda kemudian mungkin bakal diminta konfirmasi beberapa kali sebelum kemudian Android Anda melakukan proses format ulang hingga selesai. Setelah selesai Android Anda akan hidup kembali dengan format awal seperti Anda baru membelinya.


#Berita #followme #lifestyle #Repost #l4l #hot #f4f #wedding #video #indonesia #meme #2017 #lfl #foto #barcelona #bali #fff #jakarta #hotel #share #news #bandung #travels #viral #trending #surabaya #medan #jogja #dagelan #n #Info #fashion #like4like #instagram #followme #follow #fitness #instalike #likeforlike #lifestyle #TagsForLikes #instapic #workout #health #pink #insta #money #indonesia #interiordesign #nutrition #dinner #healthylifestyle #interior #Toronto #arte #queen #Wine #bali #school #jakarta #New #instagood #photooftheday #fashion #Beautiful #picoftheday #art #happy #photography #instagram #style #follow #instadaily #travel #life #cute #beauty #fun #amazing #photo #Selfie #smile #friends #motivation #like #inspiration #summer #design #makeup #cool Infoindo.ga

No comments:

Post a Comment