Sunday, November 26, 2017

200 Anggota PMR di Subang Ikuti Latgab

Dally Kardilan

SEDIKITNYA 200 anggota Palang Merah Remaja (PMR) yang berada di 13 sekolah di Subang, mengikuti kegiatan latihan gabungan (Latgab). Latgab ini untuk lebih memahami kepalang-merahan, terutama sebagai wahana meningkatkan Tri Bakti PMR, serta dapat disosialisasikan di unit sekolahnya masing-masing.

Plt. Ketua PMI Kabupaten Subang, H.Komir Bastaman, usai membuka kegiatan ini di Alun-alun Kecamatan Jalancagak, Subang, Minggu (26/11/17) menjelaskan, perlunya latihan gabungan baik di tingkat PMR madya maupun Wira, karena bila mengikuti perlombaan atau mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari harus sesuai dengan materi yang simple praktis.

"Kan kita ketahui kalau Tri Bakti sendiri adalah tugas pelayanan Kepalangmerahan yang dilaksanakan oleh anggota PMR. Keistimewaan Tri Bakti diantaranya membentuk dan mengembangkan karakter positif di dalam diri mereka yang aktif di PMR," ungkapnya.

Ia menyatakan, kegiatan Tri Bakti PMR sendiri harus terpadu dengan program pelayanan di PMI Kabupaten, kerjasama dan jejaring karena Tri Bakti PMR secara lengkap adalah meningkatkan keterampilan hidup sehat, berkarya dan berbakti di masyarakat dan, mempererat persahabatan nasional dan internasional.

"Jadi sangatlah beruntung, apabila ada anak yang aktif di PMR karena seusia mereka rentan terhadap dampak bencana maupun masalah kesehatan, baik secara fisik maupun psikologi. Hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti wilayah tempat tinggal yang rawan maupun kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kesadaran untuk mengurangi resiko," papar H.Komir.

Dengan berbagai pelatihan yang diberikan pembina dan pelatihnya sedikit banyak berpeluang mempengaruhi kelompok sebayanya. Baik di sekolah maupun luar sekolah untuk meningkatkan keterampilan hidup sehingga dapat mengurangi dampak yang di timbulkan akibat bencana dan masalah kesehatan. Pihaknya pun akan terus mendorong setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh PMR maupun Relawan PMI walaupun masih terbatas anggaran yang dimiliki.

Ketua Panitia Latgab.PMR di Subang Selatan, Pedro K Wijaya membenarkan, kalau dana yang digunakan merupakan salah satu bagian dari hibah Pemkab Subang kepada PMI Kabupaten.

"Selain kegiatan yang merupakan agenda organisasi melalui Forum Pembina PMR juga kegiatan lainnya bagi relawan. Yang kita harapkan tentunya setiap anggota memahami dan cekatan dalam merangkai tandu darurat, pertolongan pertama, sanitasi dan kesehatan, kesehatan remaja dan kesiapsiagaan bencana serta lainnya, " katanya.

Latgap PMR Gabungan yang ditutup resmi staf Markas PMI Kabupaten Subang, Ikhlas M Simon berlangsung sehari penuh ini dan tampak cukup antusias perwakilan para peserta sesuai dengan materi yang ingin diperdalamnya.

Salah satu materi kegiatan yang diberikan para pelatih dari Forum Pembina PMI Kabupaten Subang pada Latgab.

Salam Indonesia #Berita #followme #lifestyle #Repost #l4l #hot #f4f #wedding #video #indonesia #meme #2017 #lfl #foto #barcelona #bali #fff #jakarta #hotel #share #news #bandung #travels #viral #trending #surabaya #medan #jogja #dagelan #n #Info #fashion #like4like #instagram #followme #follow #fitness #instalike #likeforlike #lifestyle #TagsForLikes #instapic #workout #health #pink #insta #money #indonesia #interiordesign #nutrition #dinner #healthylifestyle #interior #Toronto #arte #queen #Wine #bali #school #jakarta #New #instagood #photooftheday #fashion #Beautiful #picoftheday #art #happy #photography #instagram #style #follow #instadaily #travel #life #cute #beauty #fun #amazing #photo #Selfie #smile #friends #motivation #like #inspiration #summer #design #makeup #cool Infoindo.ga

No comments:

Post a Comment