Monday, November 6, 2017

15 Tips Sukses Mengolah dan Menjalankan Blog

Sukses mengolah dan menjalankan Blog
Blogging

Menjalankan dan mengolah sebuah blog adalah sesuatu yang gampang – gampang susah. Kenapa saya sebut gampang? Alasannya adalah karena sangat banyak tips,  tutorial,  serta panduan untuk mengolah sebuah blog yang jumlahnya ratusan ribu atau bahkan jutaan artikel yang ada di internet. Kenapa saya sebut susah? Karena dalam penerapannya tidak sedikit blogger yang mengalami kesulitan dalam mengolah blog.


Hal ini dapat dilihat dari masih tingginya kata kunci yang ditulis di kolom Pencarian Google, serta banyaknya artikel yang membahas tentang Blogging sampai dengan saat ini, seolah tidak ada habisnya.

Karena itulah pada postingan kali ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana cara mengolah dan menjalankan blog dengan baik dan sukses.



Berikut tips sukses bagaimana cara mengolah dan menjalankan Blog 


1. Memilih Platform Blog


Memilih platform blog
Memilih Platform Blog

Memilih platform blog adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Ada banyak pilihan platform blog gratis di luar sana, seperti  Wordpress, Tumblr,  dan Blogger. Dari semua penyedia blog gratis yang ada, masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.


Bagi pemula atau newbie, saya merekomendasikan untuk memilih Blogger. Kenapa memilih Blogger? Karena Blogger adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia bahkan di seluruh dunia, serta relatif mudah untuk digunakan oleh pemula sekalipun. Dengan banyaknya komunitas yang menggunakan Blogger, hal ini akan sangat membantu kita untuk mengolah dan menjalankan sebuah blog nantinya.


2. Menentukan Tema/Niche Blog


Memilih Niche Blog
Niche Blog

Tema atau Niche Blog merupakan hal yang sangat penting. Buatlah blog dengan tema/niche yang spesifik dan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.


Misalnya anda menyukai otomotif, buat saja blog dengan tema otomotif. Hal ini akan membuat blog anda lebih disukai oleh pengunjung dan Mesin Pencari. Jangan membuat blog dengan tema/niche yang terlalu umum, karena akan sangat susah untuk menentukan target pengunjung blog anda nantinya.

Setelah menentukan tema/niche blog, yang perlu anda lakukan adalah fokus membuat konten yang sesuai dengan blog anda.

3. SEO (Search Engine Optimization/Pengoptimalan Mesin Pencari)

SEO
SEO


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Pencari. Dalam mengolah dan menjalankan blog nanti, SEO akan sangat berperan terhadap kemajuan blog anda. Dengan menerapkan SEO yang tepat maka peluang blog anda untuk disukai oleh pengunjung dan mesin pencari akan sangat besar.


Salah satu contohnya adalah artikel atau blog anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Ini adalah sesuatu yang sangat diidamkan oleh semua Blogger.


4. Tulislah tentang apa yang anda sukai


Blog, Passion
Passion

Menulislah tentang sesuatu yang anda sukai. Dengan menulis/membuat konten yang sesuai dengan apa yang anda sukai tentu saja akan membuat anda nyaman dalam menulis/membuat konten pada blog anda.


Meskipun konten atau tulisan anda terdiri dari 1000 atau bahkan 3000 kata sekalipun, anda tidak akan merasa capek  atau bosan karena memang konten atau tulisan yang sedang anda buat adalah sesuatu yang anda sukai.

Poin ini akan sangat berpengaruh dari segi kekonsistenan anda dalam mengolah dan menjalankan blog kedepannya. 

Jangan memaksa untuk membuat konten yang sebenarnya anda tidak suka, hal ini akan membuat anda tidak nyaman dan tentunya terpaksa.

Banyak blogger yang mencoba untuk membuat blog hanya demi mencari atau mendapatkan iklan (Google Adsense) dengan CPC (Cost Per Click)yang tinggi dengan cara membuat blog dengan niche tertentu, padahal passion dan kemampuan mereka bukan di niche tersebut. Jangan lakukan ini demi kebaikan anda sendiri.


5. Buatlah tulisan/konten yang bisa memberi manfaat


Blog Post
Content

Jika blog anda tidak bisa memberi manfaat, maka bersiap-siaplah jika nanti blog anda sepi pengunjung.


Berikanlah apa yang orang cari di blog anda, tentu saja harus tetap sesuai dengan tema/niche blog anda. Mulailah berpikir untuk membuat artikel/konten yang sekiranya bisa membantu banyak orang.

Dengan begini blog anda bisa memberi manfaat bagi pengunjung. Tidak menutup kemungkinan jika pengunjung akan kembali mengunjungi blog anda untuk mencari solusi dari masalah yang mereka hadapi di kemudian hari.

6. Tanggapi komentar pengunjung blog dengan baik dan ramah


Komentar
Comments

Sering-sering lah untuk menanggapi komentar yang ada di blog anda dengan ramah. Jangan pernah mengabaikan pengunjung blog, karena mereka adalah tamu anda.


Terkadang saya sering melihat Blog/Web yang sudah tenar jarang membalas komentar dari pengunjung. Kalaupun dibalas, balasannya kadang kurang ramah.

Hargai pengunjung blog anda, dengan begini pengunjung akan merasa dilayani dengan baik dan tidak akan segan untuk kembali berkunjung ke blog anda. Selain itu, dengan berinteraksi dengan pengunjung maka akan menimbulkan kesan akrab antara admin blog dengan pengunjung blog anda.

Manfaat lainnya jika anda sering menanggapi komentar dan berinteraksi dengan pengunjung adalah anda bisa menganalisa apa yang diinginkan oleh pengunjung blog. Hal ini bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk membuat konten yang dibutuhkan pengunjung blog kedepannya. 

7. Promosikan (Share) Blog Anda


Share
Share

Tanpa upaya promosi, blog anda akan sangat sulit dikenal banyak orang. Saat ini sudah banyak media yang bisa anda manfaatkan untuk promosi.


Promosikan blog anda melalui media yang ada, misalnya Facebook, Twitter, Google+ dan masih banyak lagi. Anda juga bisa melakukan promosi dengan cara memberi komentar yang bermanfaat di blog lain dan meninggalakan link blog anda.

8. Berinteraksi dengan pengunjung Blog


Interaksi dengan pengunjung blog
Interaksi


Sedikit berhubungan dengan poin nomor 6, cobalah untuk berinteraksi dengan pengunjung blog. Anda bisa membuat tulisan di bagian bawah setiap postingan, misalnya “Jika ada pertanyaan, kritik, ataupun saran silahkan tulis komentar melalui form yang sudah disediakan”.


Dengan begini anda sudah memberikan kesan sebagai seorang yang terbuka dan lebih dekat dengan pengunjung blog.

9. Percaya diri


Blogging
Percaya Diri

Setelah blog Anda mulai mendapatkan trafik yang tinggi, misalnya lebih dari 1.000 pengunjung per bulan, mungkin hal ini akan membuat anda kehilangan rasa percaya diri atau biasa disebut dengan demam panggung.


Jangan minder! Tetaplah fokus untuk mengolah blog anda dengan baik. Ada alasan mengapa blog anda memiliki banyak pengunjung sampai saat ini, jadi tetaplah percaya diri dan terus menulis konten yang berkualitas seperti sebelumnya.

10. Berikan gambar pada postingan/artikel anda


Gambar
Gambar

Rata-rata orang lebih menyukai melihat gambar daripada melihat tulisan.


Banyak blog yang sudah populer selalu meletakkan gambar di setiap postingan mereka. Hal ini akan sangat membantu kemajuan blog anda,  karena banyak orang yang terkadang mencari sebuah artikel melalui penelusuran gambar di hasil pencarian Google.

Dari segi visual, konten yang memiliki gambar memang memiliki daya tarik tersendiri . Tetapi perlu diperhatikan keseimbangan antara tulisan dan gambar, sisipkan gambar yang sesuai dengan materi yang sedang anda bahas. Jangan lupa untuk memberi keterangan di setiap gambar karena hal ini bisa meningkatkan SEO blog.

11. Buatlah tulisan/konten anda mudah dipahami


Content berkualitas
Content

Jangan terlalu berbelit-belit dalam membuat sebuah tulisan/konten. Uraikan maksud anda secukupnya dalam tulisan, jangan dikurangi juga jangan dilebih-lebihkan.


Ada kalanya pengunjung tidak memiliki banyak waktu untuk membaca dan memahami tulisan/konten anda. Jadi buatlah tulisan/konten anda efektif dan ideal untuk pembaca.

12. Berikan judul yang catchy (gampang diingat) dan menarik pada postingan/konten anda


Konten berkualitas
Judul Menarik

Umumnya judul artikel/postingan adalah bagian pertama yang dilihat dan dibaca oleh kebanyakan orang.


Berikan lah judul yang semenarik mungkin pada postingan anda. Tetapi harus tetap sesuai dengan isi konten yang anda buat, jangan mencoba untuk menipu banyak orang dengan sebuah judul yang menarik.

Dengan judul yang menarik, maka akan memunculkan rasa ingin tahu seseorang dan kemudian membuat siapa saja tertarik untuk membuka dan membaca postingan anda 

13. Konsisten


konsisten
Konsisten

Inilah yang menurut saya paling sulit dilakukan.

Menjaga diri kita sendiri untuk tetap konsisten membuat artikel adalah hal yang sangat sulit.

Tetapi jika blog anda memang sesuai dengan passion dan kemampuan yang anda miliki, saya rasa hal ini akan sangat membantu anda dalam hal konsistensi.

Buatlah jadwal, aturlah untuk menerbitkan setidaknya 2 (dua) postingan/konten yang berkualitas setiap minggunya, lebih banyak lebih baik. Anda juga bisa memanfaatkan fitur “Schedule” yang ada pada Blogger. 

14. Menjaga  tampilan Blog 


template responsive
Responsive

Buatlah tampilan blog anda agar enak dipandang.

Jangan memasang atau meginstal widget yang tidak perlu. Jangan memasang iklan yang membawa pengunjung membuka tab baru. Hal ini sangat-sangat menggangu.

Buatlah tampilan blog anda serapi mungkin, dengan begitu pengunjung blog anda akan merasa nyaman dan betah berlama-lama membaca artikel-artikel pada blog anda. Gunakan juga template yang responsive dan mobile friendly.

15. Pasang Google Analytics


tips blogging
Google Analytics

Dengan memasang Google Analytics, anda bisa menganalisa dan mengetahui bagaimana pengunjung menemukan blog anda. Dengan begini, anda bisa membuat postingan/konten yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung di kemudian hari. Hal ini bisa mengurangi Bounce Rate pada blog anda.


Itulah 15 tips sukses mengolah dan menjalankan blog yang bisa anda coba. Tidak perlu mencoba semuanya secara langsung, lakukan saja perlahan dan satu per satu. Sekian untuk 15 Tips Sukses Mengolah dan Menjalankan Blog.


Semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung blog ini. Jika ada pertanyaan, kritik, ataupun saran silahkan sampaikan lewat kolom komentar. Terima kasih


#Berita #followme #lifestyle #Repost #l4l #hot #f4f #wedding #video #indonesia #meme #2017 #lfl #foto #barcelona #bali #fff #jakarta #hotel #share #news #bandung #travels #viral #trending #surabaya #medan #jogja #dagelan #n #Info #fashion #like4like #instagram #followme #follow #fitness #instalike #likeforlike #lifestyle #TagsForLikes #instapic #workout #health #pink #insta #money #indonesia #interiordesign #nutrition #dinner #healthylifestyle #interior #Toronto #arte #queen #Wine #bali #school #jakarta #New #instagood #photooftheday #fashion #Beautiful #picoftheday #art #happy #photography #instagram #style #follow #instadaily #travel #life #cute #beauty #fun #amazing #photo #Selfie #smile #friends #motivation #like #inspiration #summer #design #makeup #cool Infoindo.ga

No comments:

Post a Comment