Keajaiban Madu
 

Siapa yang tidak tahu madu dengan segala khasiatnya, tapi tahukan kita akan keajabain madu. Madu adalah sumber makanan penting yang disediakan oleh ALLAH SWT untuk manusia melalui serangga kecil berupa lebah.

Kandungan-kandungan gizi yang terdapat dalam madu adalah banyaknya senyawa karbohidrat seperti 41% fruktosa, 35% glukosa, 1,9% sukrosa dan 1,5% dekstrin, namun kadar protein relatif kecil hanya sekitar 2,6%.

Sedangkan kandungan mineral dalam madu seperti magnesium, kalium, natrium, klor, belerang, besi dan posfat. Mineral dalam madu merupakan sumber ideal bagi tubuh manusia karena jumlah dan imbangan dalam madu mendekati yang terdapat dalam darah manusia dan mengandung faktor pertumbuhan.

Adapun khasiat yang didapat dari madu adalah sebagai berikut:

Mudah dicerna:
Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa dan sebaliknya), perut yang paling sensitif sekalipun mudah mencernanya. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik, walaupun memiliki kandungan asam yang tinggi.

Rendah kalori:
Madu tidak menambah berat badan, walau memberi energi yang besar. Kualitas madu lain adalah, kandungan kalori madu 40% lebih rendah jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama.

Berdifusi lebih cepat melalui darah:
Dalam waktu tujuh menit, madu dapat berdifusi ke dalam darah jika dicampur dengan air hangat. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

Membantu pembentukan darah:
Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

Membunuh bakteri:
Sifat madu yang membunuh bakteri disebut "efek inhibisi". Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer oleh lebah-lebah yang bertanggung jawab merawat mereka-seolah mereka tahu kemampuan madu ini.

Royal jelly:
Royal jelly adalah zat yang diproduksi lebah pekerja di dalam sarang. Zat bergizi tinggi ini mengandung gula, protein, lemak, dan berbagai vitamin. Royal jelly digunakan untuk menanggulangi masalah-masalah yang disebabkan kekurangan jaringan atau kelemahan tubuh.
Adapun manfaat madu adalah:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh manusia.
2. Bagus dikonsumsi untuk penderita darah tinggi dan reumatik.
3. Sangat bagus untuk kecerdasan otak.
4. Bermanfaat juga untuk luka bakar dengan cara di oles.

Jenis- jenis lebah madu yang dibudidayakan adalah:

1. Apis Koschevnikovi
Jenis lebah ini termasuk spesies baru bagi ilmuwan, biasanya terdapat di Kalimantan dan Sumatera Barat. Adapun ciri-cirinya adalah: sebagian tubuhnya berwarna merah dan ukurannya sedikit lebih besar, dan jenis ini lebih produktif dibandingkan lainnya.

2. Apis Melifera
Madu yang satu ini paling banyak di budidayakan peternak karena selain potensial juga produktif juga mudah, dan bisa menghasilkan jenis produk seperti madu, royal jelly, bee pollen dan lainnya.

3. Apis Cerana
Peternak lebah indonesia biasanya banyak yang beternak lebah jenis ini, karena mampu beradaptasi dengan kondisi iklim setempat, dan pemeliharaannya masih sangat tradisional dengan menempatkan di Glodok atau tempat sederhana lainnya. Namun untuk produktivitasnya masih sangat rendah.

Biasanya madu yang berwarna terang termasuk kualitas nomor satu, menurut beberapa ahli bahwa madu yang gelap banyak sekali mengandung mineral seperti mineral Fe, Cu, dan Mn, sehingga madu berwarna gelap juga penting sebagai bahan makanan. Biasanya dapat kita temukan pada madu hutan di hutan Kalimantan dan Sumatra.

Jadi kualitas madu sebenarnya tidak hanya ditentukan oleh warna madu yang berwarna terang atau gelap saja, karena setiap jenis madu tersebut mempunyai ciri khas dan kondisi yang berbeda
Tapi kan sekarang banyak madu palsu? Itu pasti jadi pertanyaan anda. Untuk bisa mengetahui madu yang anda beli palsu atau asli cukup dengan ambil sedikit madu, taruh dimangkuk lalu diberi air hangat dan coba mangkuk di goyang-goyangkan, jika didasar mangkuk terbentuk rongga-rongga seperti bentuk sarang madu, maka madu anda asli, tetapi jika langsung ikut mencair dengan air, pasti itu gula sirup.
Nah semoga tips dari ini bisa bermanfaat bagi anda
 

Para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina. Seakan-akan membernarkan firman ALLAH dalam surat An-Nahl: 68-69 yang artinya "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia," kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."
 
Sirih Merah
 
Manfaat Sirih Merah
Sudahkah anda melihat tanaman sirih merah? Sirih merah dikenal memiliki manfaat yang begitu besar. Selain dikenal sebagai tanaman obat sirih merah juga banyak diburu orang untuk tanaman hias. Salah seorang penggemar tanaman yang saya temui mangatakan bahwa tanaman ini mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan penyakit diabetes, tumor, keputihan. bahkan di daerah jogjakarta tanaman ini sudah dibuatkan ekstraknya.

Jenis tanaman merambat ini dihargai berdasarkan jumlah daunnya. Bentuk daunnya menyerupai hati dan ada bercak perak mengkilap di daunnya, dan hal inilah yang membuat banyak para penggemar tanaman hias meliriknya. Selain itu karena kelenturannya , sirih merah ini bisa dibentuk berdasarkan rangka tertentu.

Cara pembibitannya sangat mudah. setiap ruas batang sirih merah, memiliki calon akar. Pilih daun yang sudah tua lalu potong pada ruas akarnya. Lalu rendam di dalam air hingga akar berubah warna menjadi putih kemudian kita tancapkan pada media yang ingin digunakan. Sirih merah dapat tumbuh di banyak media seperti kayu, tanah atau humus. Dan yang mesti diwaspadai adalah semut, karena senang sekali dengan sirih di pot, yang kedua sinar matahari tidak boleh mengena langsung, sebaiknya 60 sampai 70 persen saja.

Tunas baru sirih merah muncul sekitar 2 minggu. Nah pada usia sekitar 2 bulan tanaman sirih siap dijual dan umumnya sudah tumbuh daunnya sebanyak 8 aatu 9 helai dan harganya bisa mencapai 15v hingga 25 ribu rupiah. Sementara bagi yang hanya ingin memanfaatkan daunnya bisa juga membeli seharga 2 ribu rupiah per-helai.

Pemanfaatan sirih merah yang paling sederhana adalah untuk obat batuk caranya kita ambil 2 lembar daun sirih merah dibersihkan lalu direbus dengan 2 gelas air. Kita diamkan hingga mendidih selanjutnya setelah mendidih bisa diminum sebanyak 2 hingga 3 gelas setiap hari.selamat menikmati.
 
 
Baik atau Burukkah, Kebiasaan Minum Teh?
Sama halnya dengan kopi, kebiasaan minum teh sudah banyak dilakukan sejak dulu tidak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri baik untuk pergaulan atau gaya hidup bahkan menjadi bagian yang menyatu dengan tradisi. Pada umumnya minuman ini disuguhkan pada saat tradisi kunjungan tamu, pertemuan, bagian dari sarapan pagi dan minuman disaat bersantai sore hari. Di derah Jawa Barat minuman teh terkadang dijadikan pengganti air putih yang dikonsumsi sehari-hari.

Konon sejak 5000 tahun yang lalu, kaisar Shen Nung dari negeri Cina telah memperkenalkan teh sebagai minuman yang berkhasiat untuk kesehatan karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan kini telah ditanam di lebih dari 30 negara. Hingga saat ini dikoleksi 3.000 jenis tanaman, namun secara botani tanaman teh berasal dari satu jenis tanaman dengan hasil perkawinan silangnya. Bagian tanaman teh yang dapat dimanfaatkan untuk minuman adalah daunnya.

Aroma dan rasanya yang khas, menjadikan minuman teh yang merupakan hasil ekstrak daun dari tanaman teh ini sangat digemari baik oleh kalangan dewasa maupun anak-anak. Selain sebagai minuman biasa, sesungguhnya teh memiliki khasiat herbal untuk pengobatan dan kesehatan. Berdasarkan fakta dari berbagai studi yang telah dilakukan, Dewan Teh Amerika Serikat (Tea Council of the U.S.A) telah merekomendasikan minum teh sebagai aktivitas yang perlu digalakkan mengingat manfaatnya dalam memelihara kesehatan tubuh manusia.

Mengapa teh bermanfaat bagi kesehatan? Ternyata terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh seperti: polyphenols (10-25%), dan komponen organik lainnya seperti vitamin C (150-250 mg%), vitamin E (25-70 mg%) , ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) . Sedangkan aroma dan cita rasa yang khas pada teh dikarenakan adanya komponen kandungan volatile. Kandungan polyphenols pada minuman teh berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh selain juga terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan. Manfaat lain dari polyphenols adalah untuk mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah dan mempercepat pembuangan kolesterol melalui feces.Beberapa vitamin seperti vitamin C dan E dapat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dalam bentuk kandungan betakaroten. Kandungan unsur Fluor yang cukup tinggi dalam teh, selain dapat membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta memperkuat gigi, juga untuk mencegah Osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kandungan caffein pada teh untuk pemakaian yang wajar dapat membantu menyegarkan tubuh melalui pengaruhnya terhadap sistem syaraf tubuh untuk merangsang pengambilan oksigen.

Namun dibalik itu semua ternyata pada kebiasaan minum teh yang tidak sewajarnya memiliki pengaruh yang buruk juga bagi kesehatan. Adanya kandungan caffein pada teh dapat menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat, selain itu caffein mempunyai efek ketergantungan dan hal ini berakibat tubuh menjadi tidak fit bila tidak mengkonsumsinya. Pada ibu menyusui, caffein berpengaruh terhadap kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI, sedangkan pada bayi zat ini dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh memiliki kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal, hal ini perlu diperhatikan terutama pada penderita ginjal.

Bagaimanakah sebaiknya kita mengkonsumsi teh yang sehat? Disarankan untuk mengkonsumsi minuman teh sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Jumlah tersebut memiliki batas normal kadar kafein yang dapat dikonsumsi yaitu setara 750 mg/hari. Usahakan menyeduh teh dengan air yang tidak terlalu panas dan sebaiknya jangan ditambahkan gula untuk mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh. Dalam kebiasaan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada percernaan.

Demikian saran untuk tetap dapat melakukan kebiasaan minum teh secara teratur dan aman agar memperoleh manfaat dari senyawa yang terkandung dalam teh.
 
 
 
Tidur Yang Sehat Untuk Kesehatan
Tubuh manusia ibarat mesin yang perlu dirawat dan istirahat. Tidak mungkin kita dapat beraktivitas secara optimal terus menerus tanpa adanya istirahat. Istirahat yang dimaksud disini adalah tidak sekedar berhenti beraktivitas atau jeda istirahat namun yang berkaitan lebih jauh dengan proses metabolisme untuk tubuh yaitu tidur. Istirahat tidur bertujuan untuk memperbaiki kerusakan jaringan sel dengan mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru setelah beraktivitas seharian.

Berkaitan dengan pola tidur ini sebenarnya tidak terlalu ketat pada aturan. Istirahat tidur tergantung pada usia dan kebiasaan pada setiap individu. Bayi dan anak-anak memerlukan tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Pada orang dewasa istirahat secara relax dan santai juga sangat diperlukan selain daripada tidur yang sebenarnya. Berdasarkan jenis pekerjaannya, bagi yang bekerja lebih banyak menggunakan aktivitas otak/pikirannya memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Orang-orang yang lemah dan sakit-sakitan jelas memerlukan lebih banyak tidur daripada orang sehat.

Data dari The National Sleep Foundation, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa bayi harus tidur sekitar 80 persen dalam sehari. Sementara bagi orang dewasa sekitar 30 persen dari waktu 24 jam atau sekitar 7-9 jam sebaiknya dipergunakan untuk tidur.
Tidur yang terlalu lama malah dapat mengakibatkan tubuh kita menyerap / mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi. Dan hal ini berdampak buruk bagi kesehatan. Sedangkan bila kurang waktu tidur juga merugikan kesehatan karena tubuh kita tidak diperbaharui dan dipulihkan lagi.

Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperoleh tidur yang berkualitas untuk kesehatan:

1. Upayakan untuk membiasakan diri memulai waktu tidur dan bangun secara
teratur. Bila kita sudah terbiasa dengan pola waktu tidur, hal ini akan secara
otomatis akan terbawa seterusnya. Oleh karena itu hindari tidur terlalu larut
malam agar tubuh mendapat waktu yang cukup untuk melakukan metabolisme
hinga keesokan harinya.

2. Perhatikan pola makan yang teratur. Hindari makan yang berlebihan di malam hari.
Waktu yang tepat untuk mulai tidur di malam hari adalah minimal 2 jam setelah waktu
makan malam. Bila memungkinkan upayakan agar jadwal waktu makan malam tidak
melewati pukul 19.00, hal ini dimaksudkan agar tubuh masih memiliki waktu untuk
melakukan proses pencernaan.

3. Sedapat mungkin atur jadwal kegiatan atau aktivitas yang masih dilakukan dirumah
khusunya di malam hari. Hindari aktivitas yang menyita mental dan pikiran saat
menjelang tidur. Bila memungkinkan hentikan semua aktivitas setelah pukul 21.00 –
10.00. Hal ini dapat mempengaruhi dan menyita pikiran sehingga dapat berakibat
sulit tidur. Pada saat memulai tidur, lupakan sejenak semua beban pikiran dan
tenangkan pikiran agar dapat tidur nyenyak dan lelap.

4. Aktivitas ini dapat dilakukan pada saat setelah bangun di pagi hari setelah matahari
terbit adalah berolah raga yang teratur. Hal ini berdampak agar tidur dapat menjadi
nyenyak di malam harinya nanti.

5. Dalam kondisi sulit tidur yang dikarenakan masih adanya beban pikiran baik untuk
yang sudah bekerja maupun pelajar /mahasiswa, untuk dapat membantu kita agar
dapat segera tidur selain melupakan sejenak beban pikiran adalah mengkonsumsi
segelas susu hangat, mandi air hangat, mendengarkan musik dan menciptakan
suasana tidur yang nyaman seperti mengatur cahaya (mematikan lampu), mengatur
suhu yang sesuai dan sejuk juga kelembaban kamar.

Demikian beberapa hal dasar yang dapat dijadikan sebagai langkah-langkah untuk mendapatkan tidur yang sehat untuk kesehatan.
 
Kunyit, Obat Dari Dapur
Kunyit, siapa yang tidak mengenal bumbu dapur ini? Dengan warnanya yang khas yaitu kuning tentulah kita semua mengenal jenis rempah tersebut. Kunyit adalah jenis tanaman rempah-rempah sebagai pelengkap bumbu dapur. Hampir setiap daerah di Nusantara menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbu dalam masakannya. Kunyit tergolong kelompok jahe-jahean, rempah ini sering digunakan dalam masakan sejenis kare, selain untuk pemberi warna kuning pada masakan. Kunyit (Curcuma domestika) adalah tanaman asli Asia Tenggara, mempunyai rasa yang pahit, agak pedas, baunya khas aromatik, rimpang berwarna kuning kejingga-jinggaan. Batangnya berwarna hijau atau agak keunguan, berdaun 4 sampai 8 helai, bunganya berwarna cokelat dan ditengahnya berwarna kemerah-merahan dan kuning. Kunyit cocok ditanam di dataran rendah hingga ketinggian 1000 m dari atas permukaan laut.

Kunyit mengandung minyak atsiri 3% - 5%, damar, kurkumin, pati, tanin, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin C. Kunyit yang sering digunakan untuk campuran jamu tradisional, dikarenakan dalam kunyit terkandung khasiat yang besar. Pada daerah tertentu, para perempuan dibiasakan untuk meminum ramuan jamu yang mengandung kunyit dengan tujuan untuk menghaluskan kulit dan memperlancar haid. Rimpang kunyit ternyata bersifat mendinginkan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut khususnya lambung, merangsang, melepaskan kelebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, dan sebagai obat anti gatal, anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Selai itu juga berfungsi sebagai anti koagulan, menurunkan tekanan darah, dan obat cacing.
Untuk pengobatan, kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga dapat diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagai salap untuk mengobati bengkak. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung tersumbat, caranya kunyit dibakar kemudian menghirupnya, ada juga untuk pengobatan koreng, kudis cukup daun kunyit dipanasi di atas api dan selanjutnya dibalut pada bagian kulit yang terkena koreng.

Hasil penelitian Dr. Tze-Pin Ng dari Universitas Nasional Singapura (NUS) pada tahun 2003, yang dilakukan terhadap 1.010 orang lanjut usia yang berusia 60 – 93 tahun, menunjukkan bahwa orang lanjut usia yang rutin mengkonsumsi bumbu kare memiliki daya ingat lebih tinggi dibanding yang jarang/tidak sama sekali mengkonsumsi bumbu kare. Dan rahasianya adalah terletak pada zat pewarna kuning (kurkumin) yang terdapat pada rimpang kunyit yang digunakan dalam membuat bumbu kare tersebut.

Zat Kurkumin adalah suatu senyawa anti bakteri yang berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit. Senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai anti tumor promoter, anti oksidan, anti mikroba, anti radang, anti virus, dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi bumbu kare dapat menurunkan resiko serangan Alzheimer yang dapat menyebabkan pikun total karena kondisi fisik otak yang terus menurun. Namun penggunaan berlebihan pada lanjut usia berefek pada sakit perut, gangguan hati/ginjal. Hasil kesimpulan penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Epidemiologi Edisi 1 November 2006, menyatakan bahwa bumbu kare sangat berpotensi mencegah Alzheimer dilihat dari khasiatnya dan tidak beracun karena terbuat dari bahan alami.

Selain itu zat kurkumin dapat merangsang dinding kantong empedu untuk mengeluarkan empedu, sehingga pencernaan akan lebih sempurna. Tetapi pada pemakaian yang berlebihan dapat mengakibatkan kekosongan kantong empedu. Sedangkan minyak atsiri dalam kunyit dapat mencegah keluarnya asam lambung yang berlebihan dan mengurangi gerak prestaltik usus yang terlalu kuat.

Kunyit selain sebagai bumbu dapur juga digunakan untuk obat dan kosmetik. Dengan begitu banyak khasiat dari rimpang kunyit berdasarkan penelitian yang dilakukan, kita patut berbangga karena nenek moyang kita telah lama menggunakan jenis rempah ini. Kunyit adalah salah satu rempah untuk pengobatan alternatif yang turun temurun telah diwariskan kepada kita. Sebagai generasi selanjutnya, sudah sewajarnya kita melestarikan cara pengobatan alternatif tersebut. Pengobatan alternatif (jamu) ini tidak berefek negatif dan beracun karena terbuat dari bahan alami asalkan dalam pemakaian yang tidak berlebihan.
 
 
Membersihkan Udara Dalam Rumah Dengan Tanaman Sansevieria
Udara kotor karena polusi tidak hanya terjadi di jalan raya namun di dalam rumah bahkan dalam ruangan kamar pun dapat saja terkena polusi udara kotor. Pada kawasan pemukiman yang terletak di dekat jalan raya sudah dapat dipastikan bahwa udara kotor dari kendaraan dan lainnya secara langsung maupun tidak langsung akan masuk ke dalam rumah. Polusi udara yang bersumber dari dalam rumah dapat saja terjadi contohnya asap rokok bila terdapat anggota keluarga yang merokok. Selain itu sumber polusi dapat berasal dari dapur. Hasil pembakaran (pemanasan) pada saat memasak pasti akan menghasilkan gas CO2, terlebih bila menggunakan kompor minyak tanah tidak sekedar gas tapi lebih daripada itu yaitu partikel abu yang halus yang akan nampak bila sudah lama mengendap berwarna hitam. Biasanya akan muncul di langit-langit ruangan dapur.

Salah satu upaya untuk membersihkan udara kotor di dalam rumah adalah dengan bantuan ventilasi udara dengan maksud untuk dapat mengganti udara lama dengan udara baru. Selain ventilasi, kita dapat juga membesihkan udara secara biologis. Caranya adalah dengan memelihara tanaman Sanseviera. Jenis tanaman yang juga dikenal dengan nama “lidah mertua” ini sebetulnya sudah banyak ditanam di lingkungan pekarangan sebagai tanaman hias, terkadang juga dimanfaatkan sebagai tanaman pagar untuk jenis yang berdaun panjang. Berdasarkan bentuk daunnya tanaman Sanseviera terbagi menjadi 2 jenis yaitu jenis yang berdaun panjang dimana daun tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm, memiliki daun yang meruncing seperti pedang dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. Kedua jenis ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Warna daunnya hijau dengan kombinasi putih kuning atau hijau kuning, dengan motif khasnya yang beralur mengikuti arah serat daun, namun ada pula yang tidak beraturan.

Tanaman ini sangat mudah ditanam dan dipelihara, karena memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Tanaman Sanseviera tahan terhadap kekeringan, namun dalam kondisi lembab atau basah, dapat berkembang lebih subur. Cara menanam dalam pot cukup mudah yaitu dengan memotong anakan yang sudah memiliki akar dari tanaman induknya, lalu lansung kita tanam dalam pot yang sudah diisi media tanam berupa campuran tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.
Sebelum kita pindahkan ke dalam rumah biarkan tanaman di luar rumah selama 1 minggu dengan pemeliharaan cukup disiram setiap hari. Setelah seminggu dimana, kondisi tanah mulai memadat dan perakaran sudah berkembang, tanaman Sanseviera dalam pot tersebut sudah dapat kita pindah ke dalam rumah. Meskipun tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari, untuk menjaga kesuburan dan penampilannya sebaiknya tanaman dikeluarkan sekali dalam seminggu untuk disiram dan mendapatkan cahaya sinar matahari. Hal ini dimaksudkan agar warna daun tidak terlalu pucat dan memudar.

Selain sebagai tanaman hias, tanaman Sanseviera berfungsi membersihkan udara dan secara alami mampu mengurangi polusi. Berdasarkan hasil penelitian mennyebutkan bahwa tanaman ini mampu menyerap lebih dari 107 unsur polutan berbahaya yang ada di udara. Kemampuan menyerap zat polutan itu, dikarenakan adanya bahan aktif pregnane glikosid pada tanaman tersebut, yang berfungsi untuk mereduksi polutan menjadi asam organic, gula dan asam amino. Hasil penelitian lain menyebutkan bahwa satu helai daun tanaman sansieviera dapat menyerap 0.938 mikrogram per jam formalheid, suatu zat yang bila terakumulasi dalam tubuh dapat mengakibatkan kanker.
Dengan kemampuannya sebagai antipolutan (air freshener) sekaligus penyerap bau selama 24 jam terus menerus, letakkan sebanyak 1 atau 2 pot tanaman Sanseviera untuk setiap ruangan. Pada ruangan-ruangan yang lebih banyak udara kotornya seperti dapur atau ruang tamu yang langsung menghadap ke arah jalan raya, letakkan lebih banyak lagi. Untuk menambah unsur seni dan keindahan, dapat pula kita ikatkan pita berwarna pada setiap rumpun daun sehingga lebih cantik sehingga tanaman ini dapat diletakkan berdekatan dengan benda-benda penghias ruangan lainnya seperti patung dan lain-lain.

Demikian salah satu cara sederhana yang mudah, murah, aman dan berwawasan lingkungan untuk membersihkan udara di lingkungan dalam rumah. Dengan memelihara tanaman Sanseviera, secara tidak langsung kita juga mendukung keberlangsungan dan kelestariannya, karena di habitatnya sendiri tanaman ini sudah terancam punah.
 
Manfaat Minyak Kelapa Untuk Pengobatan
Khusus bagi ibu rumah tangga, siapa yang tidak mengenal minyak kelapa? Minyak kelapa sebagai salah satu bahan pokok ini sangat diperlukan untuk kepentingan memasak berbagai makanan sehari-hari. Minyak kelapa dibuat dari bahan dasar buah kelapa yang diawali dengan pemebuatan santan sebagai cairan hasil ekstraksi dari kelapa parut dengan menggunakan air, kemudian diproses dengan pemanasan hingga muncul minyak.

Secara sekilas minyak kelapa yang biasa kita letakkan di dapur, selain untuk kepentingan memasak, ternyata memiliki manfaat dan khasiat untuk pengobatan. Konon sejak dari jaman dahulu minyak kelapa sudah dimanfaatkan untuk minyak rambut yang bisanya digunakan pada anak kecil dan bayi agar pertumbuhan rambut menjadi subur. Ternyata minyak kelapa dapat menghitamkan rambut dan menguatkan akar dengan pemakaian cukup seminggu sekali secara teratur. Benar atau tidaknya, yang pasti hingga jaman sudah modern, penggunaan minyak kelapa untuk rambut masih digunakan hingga saat ini. Tapi selain daripada itu ternyata masih banyak manfaat lain dari minyak kelapa, berikut manfaat dan cara pengobatan dengan menggunakan minyak kelapa:

1. Obat pereda sakit gigi.

Gunakan kapas sebesar lubang pada gigi yang sakit, celupkan pada minyak lalu panaskan kapas tadi di atas api jangan sampai terbakar, lalu masukkan dalam lubang yang ada di gigi kita, biarkan sampai kapas menjadi dingin. Hal ini dapat meredakan sakit gigi karena berlubang.

2. Penurun panas pada bayi dan anak.

Parut 3 buah bawang merah lalu beri perasan jeruk nipis, lalu campur dengan 1 sendok makan minyak kelapa dan auk hingga merata. Oleskan pada kepala bagian ubun-ubun bayi atau anak yang demam.

3. Masuk angin dan pegal-pegal.

Sebagai bahan untuk kerikan (kerokan-bahasa Jawa), minyak dioleskan pada bagian badan di punggung untuk selanjutnya dikerik. Cara pengobatan ini biasanya untuk membantu menyembuhkan masuk angin.

4. Menghilangkan varises pada kaki.

Oleskan minyak pada bagian yang terdapat varises,lalu gosok berulangulang dengan sendok hingga kulit terlihat kemerah-merahan. Lakukanlah setiap pagi dan sore hari sampai varises itu hilang.

5. Obat hidung mampet akibat pilek.

Sebagai pengobatan atradisionil, oleskan minyak pada bagian kanan kiri hidung untuk mengurangi keluhan hidung mampet

6. Obat diare

Sebagai obat luar, rebus selembar daun pepaya dan 1 sendok minyak kelapa, setelah layu tempelkan pada bagian perut dalam keadaan masih hangat.

7. Obat penyakit kulit (panu/kadas/kurap)

Gunakan 1 sendok makan minyak yang diampur dengan 5 lembar daun jinten dan 3 butir bawang putih ditumbuk halus kemudian aduk hingga rata lalu oleskan digosokkan pada kulit yang sakit.

8. Bahan untuk pemijatan tubuh.

Pada anak kecil, campuran minyak kelapa dengan sedikit minyak telon atau minyak kayu putih membantu pemijatan secara refleksi untuk penyembuhan sakit batuk dan pilek.

9. Mengobati bengkak pada kaki

Campurkan minyak kelapa dengan parutan kunyit dan asam jawa lalu oleskan secara merata pada kaki yang bengkak, selain untuk mengobati kaki luka yang bernanah.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan yang diproses dengan menggunakan minyak kelapa antara lain adalah hindari pemakaian minyak goreng yang berulang-ulang karena asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa akan teroksidasi menjadi peroksidan. Sebagian peroksidan ini menghasilkan aroma yang membuat masakan menjadi lezat. Namun produk peroksidan lainnya bersifat radikal bebas yang sangat merugikan kesehatan.
 
 
Benarkah Buah Jambu Biji Untuk Mengobati DBD?
Penyakit Demam Berdarah Dengue merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya di Indonesia. Setiap hari baik di televisi, koran, radio maupun majalah ditayangkan mengenai bahaya penyakit tersebut. Penyakit ini diakibatkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan paling banyak menyerang anak usia 5 – 9 tahun. Tanda-tandanya demam tinggi mendadak selama 2 – 7 hari, pembesaran hati, penurunan denyut nadi sampai timbul bintik-bintik merah pada tubuh. Namun yang paling ditakuti adalah terjadinya pendarahan yang keluar dari hidung, dan mulut. Banyak cara dilakukan orang bila penyakit ini mulai merebak yaitu dengan pengasapan (memakai insektisida), membersihkan sarang nyamuk, membunuh jentik-jentik nyamuk, memakai lotion anti nyamuk dan lain sebagainya.

Sampai saat ini belum ada obat yang tepat untuk mengatasi penyakit DBD. Namun ada sebagian masyarakat, mencoba dengan memakan buah jambu biji merah untuk mengatasi penyakit DBD. Tetapi betulkah buah jambu biji merah mampu mengobati orang yang positif terkena DBD ?

Jambu Biji (Psidium guajava) merupakan tanaman perdu yang bercabang banyak dengan tinggi dapat mencapai 12 meter. Dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Jambu biji disukai karena rasanya manis, buah berukuran besar, tebal, dan berdaging lunak. Daging buahnya ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna putih. Jambu biji dalam setiap 100 gram mengandung : vitamin A 25 SI, vitamin B1 0,02 miligram, vitamin C 87 miligram, kalsium 14 miligram, hidrat arang 12,2 gram, fosfor 28 miligram, zat besi 1,1 miligram, protein 0,9 miligram, lemak 0,3 gram dan air 86 gram. Dalam literatur tentang penelitian tanaman obat-obatan tradisional, jambu biji memiliki kandungan zat penyembuh yang lengkap mulai dari buah, daun hingga batangnya. Contohnya bagian akar dan kulit batang dapat digunakan untuk mengobati gastroenteritis (penyakit radang selaput lendir lambung dan usus) sedangkan bagian batangnya untuk mengobati sariawan. Campuran daun jambu biji dan daun sirih yang diseduh adalah untuk membersihkan bagian kewanitaan agar tidak gatal karena bakteri dan jamur.

Hasil riset Prof. Dr. Soegeng Soegijanto, SpA(K) dan Harjono Achmad dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengatakan, yang berkhasiat sebagai anti DBD adalah daun jambu biji. Telah kita ketahui bahwa daun jambu biji selama ini digunakan untuk mengobati diare. Dalam daun jambu biji ternyata mengandung banyak senyawa kimia yaitu golongan aldehid, guanin dan quercentin. Quercentin adalah senyawa pokok dari golongan flavonoid yang efektif menambah jumlah trombosit. dalam darah yang dapat menghambat pertumbuhan virus dengue dan meningkatkan trombosit hingga 100 ribu milimeter perkubik dalam tempo 8 – 48 jam setelah dikonsumsi dan tanpa efek samping. Kadar quercentin dalam daun lebih tinggi dari buahnya yaitu dalam selembar daun kadarnya sama dengan dalam satu kilogram buah.

Cara pengobatan dapat kita lakukan secara mudah yaitu ambil 5 lembar daun jambu biji yang tidak terlalu tua atau muda kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, air rebusan diminum sehari sekali selama 3 – 4 hari. Jangan lupa perbanyak minum air putih agar cairan tubuh tidak berkurang juga berikan jus jambu biji karena jus tersebut banyak mengandung vitamin C dan A yang dapat mempercepat proses penyembuhan.
 
Rahasia Dibalik Tanaman Cabai
Cabai atau yang lebih akrab disebut dengan cabe tentunya sudah sangat familiar sekali dengan kita. Secara? siapa sih yang enggak tau sama tanaman yang satu ini? itu loh yang jadi bahan baku sambel yang hampir selalu terhidang untuk menemani makanan kita sehari - hari, dijadiin bumbu atau bahkan sekedar dimakan mentah kayak lalapan untuk melengkapi atau menemani penganan kita entah itu gorengan atau temen makan mie.

Tapi tahukah kita kalau ternyata si kecil - kecil cabe rawit ini punya rahasia di dalamnya? usut punya usut, ternyata si cabe yang berukuran kecil ini punya khasiat yang enggak kecil. Misalnya aja nih, si cabe rawit ini punya peranan untuk mengurangi radang sendi dan pegal - pegal otot. Nah lho?? kok bisa?

Karena ternyata, berdasarkan hasil penelitian, si cabe rawit ini memiliki kandungan atau komponen pengobatan aktif yang disebut capsaicin, nah, ini juga yang membuat kenapa cabe itu rasanya pedas, (itu kata dosen saya loh??!!).

Tapi kalau dipikir-pikir, kok bisa ya sesuatu yang pedas dan kadang – kadang ngeselin juga, bisa meredam rasa sakit dan iritasi? Nah, ternyata para ahli nih menyebut unsure semacam itu sebagai zat penangkal zat pemicu iritasi yang mengurangi rasa sakit dan iritasi tentunya...

Capsaicin ini melawan rasa sakit dengan menyingkirkan neurotransmitter yang terlibat dalam rangsangan rasa sakit, itulah kenapa masyarakat di daerah saya selalu menggunakan yang namanya koyo cabe untuk mengurangi pegal – pegal otot, tapi panasnya itu loh... luarrrr... biasa...

Nah, selain untuk mengatasi pegal otot dan radang sendi, capsaicin ini juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit ruam saraf, degenerasi system saraf pada penderita Diabetes Mellitus, asma, kolesterol dan penyakit jantung.

Tapi biarpun begitu, penggunaan cabe ini harus tetap sesuai aturan dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena emang segala sesuatu yang berlebihan itu enggak baik!! Itu karena efek samping cabe ini bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan diare dan radang pada tenggorokan dan tentunya pada system pencernaan kita, menyebabkan kemerahan pada kuiit, kulit terasa panas dan perasaan seperti tersengat, tapi gejala ini akan hilang setelah beberapa saat kemudian. Sekarang kembali ke kamu, mau lihat manfaatnya atau tidak??
 
 
Air Minum, Benda Mati Untuk Hidup
Siapa yang tidak mengenal air? Sejak bayi,seorang manusia sudah tergantung dan perlu air untuk hidup. Air dengan gugus kimia H2O merupakan komponen penting yang diperlukan tubuh manusia. Tidak hanya sekedar untuk melepas dahaga akibat haus, air berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan dan proses kimia tubuh serta metabolisme, membuang kotoran, melancarkan persendian, dan menyalurkan nutrisi ke sel-sel tubuh. Sebagai obat alternatif, air putih ternyata dapat membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, meningkatkan kesuburan, menyehatkan jantung dan mencegah stroke serta untuk kebugaran dan kecantikan.

Tubuh manusia mengandung sekitar 60% air dan untuk idealnya agar air berfungsi secara optimal dalam tubuh, sebaiknya kita minum sekitar 2-2,5 liter air atau 8 - 10 gelas setiap hari, tergantung dari berat badan dan aktivitas yang dilakukan. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan dan minuman. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh. Karena air menempati bagian terbesar dan terpenting dalam komposisi tubuh, maka kita mungkin masih dapat bertahan hidup tanpa makanan daripada tanpa air untuk diminum.

Air yang layak untuk dikonsumsi harus memenuhi kriteria sebagai air minum sehat. Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002, syarat-syarat air minum yang digunakan untuk konsumsi adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat. Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum.

Air banyak kita jumpai di alam, namun tidak semua air layak untuk diminum. Untuk itu, air perlu diolah untuk menghilangkan mikroorganisma merugikan seperti bakteri Escherichia coli yang dapat mengakibatkan penyakit diare pada manusia. Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan air minum yang sehat:

1. Merebus air hingga mendidih pada suhu 100 derajat Celcius dan biarkan mendidih 3-5
menit. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bakteri merugikan yang ada pada air
tersebut telah mati.
2. Memanaskan air dengan bantuan matahari. Metode ini dikenal dengan sebutan Sodis
atau Solar Desinfection dimana panas matahari dan sinar ultra violet akan membunuh
kuman-kuman yang ada di air. Pada cara ini, air ditempatkan dalam botol kaca bening
dan dijemur selama 4-6 jam saat cuaca panas atau 6-8 jam saat cuaca berawan.
3. Klorinasi atau menambahkan zat atau cairan yang mengandung klorin dengan maksud
untuk membunuh bateri dan kuman yang ada di dalam air bersih.

Terakhir sebagai saran, minumlah secara berkala sekitar 1 gelas air setiap jamnya. Jangan menggunakan rasa haus sebagai indikasi untuk minum karena pada saat itu tubuh sudah benar-benar kekurangan air. Sebaiknya juga menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena minuman tersebut bersifat diuretic yang merangsang pengeluaran air dari dalam tubuh. Hal ini berakibat, tubuh akan kekurangan cairan.
 
Memperkenalkan: Sukini
Ada yang tahu sukini itu apa? Bagi yang belum tahu, sukini adalah buah yang bentuknya mirip mentimun dengan gurat-gurat. Walaupun mirip, buah ini rasanya tidak sama dengan mentimun, dan warnanya tidak hanya hijau, ada juga yang kuning. Yang dimaksud sebagai buah sukini sebenarnya adalah indung telur bunga sukini betina yang membesar. Dalam dunia kuliner, buah dengan nama latin Cucurbita pepo ini diperlakukan sebagai sayuran, artinya buah ini dimasak atau dijadikan sebagai hidangan penyerta.

Sukini rasanya manis dan sedikit masam, dan memiliki kandungan kalori yang sangat kecil. Karena kandungan airnya yang tinggi (diatas 95%), satu buah sukini berukuran sedang hanya mengandung 25 kalori, sehingga menjadi komponen diet ideal bagi yang ingin menurunkan berat badan. Berikut ini adalah komposisi sukini mentah per 135g:

Kalori : 17
Protein : 1.4 g
Karbohidrat : 3.6 g
Lemak keseluruhan : 0.17 g
Serat : 1.5 g
Vitamin C : 11 mg

Sebagian besar manfaat sukini adalah dari tingginya kadar vitamin C yang dimilikinya, sehingga baik untuk mencegah sariawan dan lebam karena membantu produksi kolagen dan mempercepat penyembuhan jaringan. Bersama dengan betakaroten, fungsi antioksidannya membantu menyembuhkan asma dan penyakit kardiovaskuler.

Selain vitamin C, sukini juga mengandung vitamin A, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga terhadap kanker dan penyakit lain termasuk infeksi. Bersama lutein, vitamin A baik untuk memelihara penglihatan yang baik.

Sayuran ini juga merupakan sumber vitamin B yang baik, diantaranya vitamin B6, yang mengurangi resiko penyakit Multiple sclerosis, riboflavin, asam folat, yang penting untuk kesehatan jaringan saraf dan sistem pencernaan, mencegah cacat bawaan lahir, serta baik untuk kesehatan kulit, dan yang terakhir niasin, yang selain memiliki fungsi yang sama dengan asam folat, juga mampu menurunkan kolesterol.

Sukini tidak hanya mengandung banyak vitamin, namun juga protein dan mineral. Konsumsi sukini secara rutin menurunkan tingkat homosistein dalam tubuh. Kandungan magnesium dan fosfornya penting dalam pertumbuhan serta mempertahankan kondisi tulang. Selain itu juga mengangung kalsium, kalium, zat besi dan seng.

Sebelum digunakan untuk memeasak, disarankan untuk mencuci terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida pada kulitnya, namun jangan dikupas agar kandungan vitamin dan mineralnya terjaga.
 
Daun Kemangi, Daun Kaya Manfaat
Kemangi, daun beroroma khas yang sering kita temui terutama saat kita menyantap pecel lele, konon pernah memenuhi kebun dan taman kerjaan Prancis dan Italia. Bunga kemangi juga dipilih sebagai salah salah satu tanda cinta. Aroma daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orang mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, atau karedok. Selain melezatkan, ternyata kemangi memiliki banyak manfaat.

Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, betakaroten sendiri merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Selain menjaga dan memelihara kesehatan jantung, ternyata kemangi juga memiliki manfaat lain yang cukup besar. Tidak percaya? Simak tulisan ini

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang telah terbukti dihasilkan dari daun yang biasa menjadi lalapan saat kita makan tersebut:

1. Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang telah terbukti mampu memperkuat dan memperpanjang masa hidup sperma dan terbukti pula dapat mencegah kemandulan.

2. Daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.

3. Zat flavonoid seperti orientin dan vicenin di dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh. Sedangkan flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami dan anti peradangan.

4. Getah kemangi dapat digunakan sebagai obat sariawan dan sakit telinga.

5. Daun kemangi dapat dikonsumsi untuk memperbanyak ASI, penenang, mengobati encok, dan penurun panas saat kita terserang demam.

6. Daun kemangi juga dapat meningkatkan jumlah air seni, menghilangkan masuk angin dan obat batu berdahak (sebagai peluruh dahak).

7. Mengkonsumsi daun tanaman ini juga dapat mengatasi masalah bau mulut dan bau badan.

8. Asam aspartat, apigenin, arginin, dan boron dalam tanaman ini juga sudah diketahui khasiatnya. Senyawa sineol berkhasiat sebagai penenang, membantu mengatasi ejakulasi dini, merangsang aktifitas syaraf pusat, dan melebarkan pembuluh darah kapiler.
 
Telur Yang Membingungkan
Bingung: Apakah telur sehat ataukah tidak sehat untuk kesehatan ya? Awalnya telur di katakan baik karena dalam kuning telur banyak mengandung vitamin A, D, E, K, vitamin – vitamin B dan zat besi, sedang putih telur merupakan sumber protein dengan kualitas tinggi. Selain itu telur mengandung berbagai mineral seperti seng dan kalsium, serta relative rendah dalam lemak jenuh dan kalori. Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang memerangi macular degeneration. Mengandung folate yang membantu mencegah bayi lahir cacat.

Akan tetapi, telur dikatakan tidak sehat karena kuning telur merupakan sumber kandungan kolesterol. Ketika kolesterol menjadi musuh utama masyarakat, banyak para konsumen yang mencoret telur dari daftar belanjanya, khususnya mereka yang sangat memperhatikan kesehatan.

Di Amerika, sekitar 82% kasus keracunan makanan bakteri salmonela disebabkan karena mengkonsumsi telur yang tidak dimasak dan disimpan dengan tepat.
Berikut, beberapa tip untuk mengurangi resiko keracunan telur:

• Simpan Telur dengan Tepat
Simpan telur dalam karton aslinya di dalam lemari pendingin segera sesudah Anda sampai di rumah. Jika telur sudah disimpan di lemari pendingin, keluarkan dulu dan biarkan sampai mencapai suhu kamar sebelum digunakan. Gunakan dalam waktu antara 4 sampai 5 minggu. Jangan menyimpan telur berdekatan dengan makanan yang beraroma tajam, karena kuning telur yang bersifat porous dapat menyerap bau dari makanan lain.

• Masak Telur dengan Tepat
Rebus telur sampai putih telur dan kuning telur benar – benar matang. Untuk mendapatkan telur rebus yang matang, rebus selama 10 menit. Hindari telur setengah matang, atau telur yang dimasak sebentar dengan putih dan kuning telur masih encer. Agar telur rebus tidak retak atau pecah, masukkan saringan atau kawat bulat ke dasar panic sehingga telur tidak langsung bersentuhan dengan dasar panci yang terkena api langsung.

• Beli Telur yang Tepat
Beli telur yang disimpan di tempat berpendingin ruangan. Pilihlah telur yang kulitnya tidak retak.

Tapi sekarang kita tahu makan telur tiga butir seminggu boleh dilakukan oleh siapa saja, kecuali bagi mereka yang kadar kolesterolnya tinggi. Orang – orang yang tidak sensitif terhadap kolesterol makanan dapat makan sebutir telur atau lebih dalam sehari. Saat ini, di pasar juga dijual jenis telur rancangan atau desainer egg di mana ayamnya diberi makanan khusus sehingga telurnya mengandung omega-3. Telur ini termasuk baik, hanya saja jangan dimasak dengan terlalu banyak lemak atau digunakan dalam resep yang kurang sehat.

Untuk sarapan pagi cepat dan mudah, makan telur rebus matang dengan roti gandum penuh, ditambah segelas jus jeruk atau 1 cip yogurt polos.
 
Menyingkap Manfaat Lain Dalam Tumbuhan
Indonesia tanah yang kaya, tanah yang subur dimana beragam jenis tanaman tumbuh diatasnya, mulai dari tumbuhan yang yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias, makanan dan juga dijadikan sebagai bahan obat- obatan, sayangnya masyarakat kita masih belum begitu tahu bahwa dibalik semua kekayaan itu tersimpan manfaat dan khasiat lain yang besar dari tanaman tersebut.

Kalau kita sebut tanaman kangkung misalnya, tanaman ini umumnya dimanfaatkan sebagian besar masyarakat kita untuk dijadikan bahan pangan yakni sebagai sayuran yang lezat, entah itu ditumis, dimasukkan dalam gado-gado, pecel atau sekedar dimasak menjadi cah kangkung ( hmmm, lezat bukan? ) tapi tahukah kita bahwa tanaman kangkung ini tidak hanya lezat dijadikan sayuran tetapi juga memiliki manfaat sebagai tanaman obat untuk mengatasi mimisan, haid yang terlalu lama dan juga sebagai obat penenang untuk mengurangi gejala kesulitan tidur atau insomnia, caranya juga relatif gampang dengan merebus akar kangkung yang sudah dicuci bersih dan diminum airnya.

Selain kangkung ada juga si temupo yang biasanya dijadikan bumbu rempah untuk kuah ketupat atau burgo dan lalapan, juga efektif untuk mengatasi ambeien atau wasir.
Satu tanaman lain yang mencengangkan saya ketika saya membaca salah satu media bahwa singkong atau ubi kayu yang sangat familiar untuk masyarakat Indonesia ternyata memiliki segudang manfaat, selain kadang dijadikan makanan pokok, direbus, digoreng atau dikolak, ternyata singkong atau ubi kayu ini mempunyai efek farmakologi antioksidan yang tentunya menjadi antioksidan murah dibandingkan harus membeli buah apel, ya enggak sih? selain itu ternyata singkong alias ubi kayu ini juga memiliki efek farmakologi sebagai anti tumor dan anti kanker dan menambah nafsu makan.

Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Selain sebagai makanan, tanaman singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat. Di antaranya obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, dan bisa meningkatkan stamina.

Maka dari itu sudah sepatutnya kita bersyukur atas segala nikmat dan rahmat dari Tuhan YME dan terus menggali informasi guan menyingkap sisi lain atau manfaat dari tumbuhan yang tumbuh disekitar kita, selamat mencoba!!
 
Pir, Buah yang Terabaikan
Siapa yang tidak mengenal buah pir? Buah pir kini umum ditemukan dimana-daman dan dikonsumsi oleh banyak orang dari semua usia di berbagai kalangan. Meskipun demikian, banyak yang belum mengetahui manfaat dari buah dengan nama latin Pyrus communis ini.

Pir, atau pear dalam bahasa Inggris, termasuk family Rosaceae. Spesies awal dari buah ini, yaitu Pyrus nivalis dan Pyrus caucasia, pertama kali dibudidayakan di Eropa Timur dan Asia Barat. Batang pohonnya memiliki tekstur garis-garis memanjang berwarna keabu-abuan, daunnya hijau cerah berbentuk oval dengan diameter kurang lebih 10 cm, dan bunganya putih atau kemerahan dalam kelompok yang terdiri atas 3 sampai 7 bunga.

Buah pir merupakan makanan bergizi tinggi, rendah sodium dan kaya serat, sehingga baik untuk penderita diare maupun radang usus. Dengan tingkat kalori yang rendah, buah ini sangat penting untuk diet penurunan berat badan. Buah ini merupakan sumber asam folat yang baik, yang dibutuhkan dalam proses pembentukan sel dan menurunkan predisposisi kanker kandung kemih, sebagaimana berbagai jenis kanker lainnya. Selain itu juga, komponen ini sangat penting dalam menurunkan tingkat asam urat.

Buah pir juga mengandung banyak kalium. Bersama dengan kalsium, mineral ini mempernagurhi pembentukan tulang secara langsung, membantu mengatur regulasi cairan elektrolit tubuh serta menjaga kondisi system saraf agar tetap berfungsi baik. Oleh karena itulah buah ini baik untuk dikonsumsi oleh semua umur. Bagi anak-anak, penting untuk pertumbuhan tulang dan system saraf, sedang bagi yang berusia lanjut, membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga detak jantung agar tetap normal karena memiliki fungsi sebagai vasodilator dan anti-aritmia.

Buah ini kaya akan asam amino, diantaranya leusin, dibutuhkan dalam pertumbuhan bayi ataupun regenerasi jaringan yang rusak. Selain itu ada juga arginin, yang dibutuhkan dalam pembentukan massa otot dan pengeluaran ammonia. Asam amino lainnya seperti glisin, alanin, isoleusin dan threonin secara kolektif meningkatkan imunitas serta ketahanan terhadap serangan bakteri.

Walaupun buah pir mengandung kadar gula tinggi, namun memiliki komposisi yang sangat baik untuk penderita diabetes. Bisa dibilang satu buah mengandung 70 g gula. Bagi penderita masalah lambung, pir yang direbus dapat menjadi pilihan karena tetap memiliki kadar gizi dan mineral yang tinggi, meskipun proses pemasakan merusak vitamin yang ada didalamnya. Meskipun kulit pir mengandung banyak vitamin, akan tetapi karena penggunaan insektisida pada saat pembudidayaannya, disarankan untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum dimakan.

Diantara berbagai jenis pir yang tersedia di pasaran adalah pir Xia Lie, yang rasanya sedikit masam namun bisa bertahan hingga 6 bulan jika disimpan di dalam kulkas. Ada juga pir Century, yang cukup umum digemari karena harum dan mengandung banyak air sehingga cepat mengkerut jika di masak. Yang terakhir dan paling penting adalah pir Australia yang mengandung kadar gizi paling tinggi. Bermacam-macam jenis pir ini bias didapat di supermarket lokal atau toko yang khusus menjual buah seperti Total atau AllFresh.

Selain buahnya, bagian lain dari pohon pir seperti daun dan batangnya juga memiliki manfaat masing-masing. Daun pir yang diseduh dapat membantu penyembuhan penyakit seperti radang prostat, radang kandung kemih (cystitis), dan nyeri ginjal (nefritis), serta dapat bermanfaat bagi penderita obesitas, hipertensi maupun batu ginjal. Air dari batang pohon pir yang direndam dapat mengurangi nyeri akibat terkilir ataupun memar karena terbentur. Walaupun pir berasal dari daerah yang beriklim subtropis, bukan berarti pohonnya tidak bisa tumbuh di Indonesia.
 
 
Air Minum Dalam Kemasan Atau Air Minum Isi Ulang ?
Air adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling penting. Air banyak sekali dibutuhkan selain untuk mandi dan mencuci tapi yang paling penting adalah air dibutuhkan untuk minum. Manusia tidak mungkin dapat bertahan hidup tanpa adanya air. Manusia memerlukan air minum yang bersih dan sehat untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh agar tubuh bekerja dengan semestinya.

Air minum tidak cukup hanya bersih dan bening saja, tetapi lebih dari itu air harus tidak berbau dan tidak tercemar oleh bakteri dan terkontaminasi oleh logam-logam berat yang akan membahayakan kesehatan. Air untuk minum harus memiliki pH netral dengan skala yang sesuai standar kesehatan yaitu 6,5 s/d 8,5 jika dibawah 6,5 maka dikatakan bersifat asam sedangkan diatas 8,5 disebut basa. PH air minum mineral sesuai Depkes 6,5 - 8,5 namun yang ideal adalah 7. pH air satu daerah dengan daerah lainnya biasanya tidak sama tergantung kondisi tanah dan keadaan lingkungannnya.

Konsumsi air yang siap minum pada masyarakat dapat dibagi menjadi 2 yaitu konsumsi air minum dalam kemasan dan air minum isi ulang. Masyarakat mengkonsumsi air minum seperti ini memang meningkat tajam selain bersih juga tidak perlu repot untuk memasak air sehingga dapat langsung diminum (praktis).

Saat ini banyak sekali depo-depo pengisian ulang untuk air minum yang dapat kita jumpai terutama di perkotaan. Hal ini ditunjang semakin menurunnya kualitas air sumur akibat banyaknya pencemaran. Adanya depo air isi ulang sebenarnya mendukung upaya mewujudkan masyarakat sehat karena memperluas jangkauan konsumsi air bersih dengan harapan semua depo isi ulang yang beroperasi memenuhi standar yang sudah ditetapkan. Depo air minum diwajibkan secara berkala (per 3 bulan) untuk memeriksakan ke Dinas Kesehatan setempat.

Lain pula halnya dengan perusahaan air minum dalam kemasan sudah dibekali standar kualitas air yang jelas. Air minum dalam kemasan pasti mempunyai merk/label yang jelas. Pada saat membeli air minum dalam kemasan sebaiknya kita lihat tampilan fisiknya, hal tersebut dapat mengindikasikan apakah air tersebut telah tercemar atau tidak antara lain yaitu tidak berwarna dan berbau, tidak ada benda asing, dan tidak berlendir. Dalam label biasanya dicantumkan kandungan mineral dan unsur lain begitupun alamat produksinya, proses yang dipakai untuk sterilisasi, petunjuk penyimpanan, tanggal produksi, nama perusahaan, standar SNI, dan sertifikasi Badan POM. Air minum harus bebas pengawet dan pewarna. Itulah sedikit gambaran mengenai air minum dalam kemasan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa harga-harga kebutuhan semakin meningkat begitupun harga air minum dalam kemasan, untuk itu kita harus pandai-pandai untuk menentukan pilihan. Saat ini banyak pilihan merek air minum dalam kemasan begitupun dengan harganya. Kita tahu bahwa air minum dalam kemasan harganya mahal tetapi mempunyai kelebihan yaitu biasanya diperoleh dari mata air pegunungan yang mengandung mineral dan bila diminum terasa sega. Air minum dalam kemasan dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan dengan standar baku antara lain dengan proses ozonasi dengan peralatan industri yang berkualitas. Hampir seluruh perusahaan air minum dalam kemasan memiliki standar nasional.

Bila dalam hal ini kita memilih mengkonsumsi air minum isi ulang, yang harus diperhatikan adalah kualitas air yang telah disaring juga peralatan yang digunakan untuk menyaring kotoran yang terdapat pada air baku. Pada depot air minum isi ulang wajib dilakukan pembersihan secara berkala terutama pada tabung filter air dan filter sedimen demikian juga halnya pembersihan tangki minimal 6 bulan sekali. Perhatikan langkah-langkah yang biasa dilakukan dalam pengisian air isi ulang yaitu : a) sebelum diisi galon dicuci, disikat kemudian dibilas sampai bersih, b) mengisi galon harus di ruang pengisian, c) cari depo isi ulang yang menjaga higiene sanitasi dan kebersihan lingkungannya. Air minum isi ulang biasanya memang bukan dari mata air pegunungan tetapi bila pengolahan (penyaringan dan pembersihan) benar maka kualitas air yang dihasilkan akan cukup baik.

Jadi dalam hal ini keputusan adalah ada ditangan kita sendiri untuk memilih air apa yang akan kita minum. Apakah memilih air dalam kemasan atau air isi ulang semua itu harus diputuskan secara bijaksana dengan mempertimbangkan kesehatan, keamanan dan juga keuangan.
 
 
Manfaat Habbatussauda (Jinten Hitam)
Akhir-akhir ini obat-obatan herbal sedang banyak digandrungi orang, baik dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas. Hal ini terjadi dikarenakan obat-obatan modern mempunyai efek samping yang sangat berbahaya terhadap tubuh manusia sehingga obat-obatan herbal ini sebagai alternatif dari pengobatan modern.

Dari berbagai macam obat-obatan herbal salah satunya adalah Habbatussauda atau lebih dikenal dengan jinten hitam. Habbatussauda ini adalah salah satu obat yang sangat dianjurkan bagi umat Islam karena obat ini terdapat dalam hadits shohih Bukhari-Muslim, Rasulullah Salallahu'alaih wassalam bersabda, "Gunakanlah Al Habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali as Sam (Maut). (HR. Bukhori-Muslim).

Namun untuk umat muslim di Indonesia sendiri obat ini kurang popular, sedangkan di negara-negara seperti Eropa, Amerika dan beberapa negara Asia, obat ini cukup popular dengan melakukan riset-riset ilmiyah di antaranya oleh Prof. El Dakhany dari Microbiologi Research Center Arabia, Dr. Michael Tierra L.A.C.O. MD, Pharmachology Research Department Laboratory, Department Pharmachy King College London dan lain-lain.

Berikut beberapa manfaat dari Habbatusauda (jinten hitam):

- Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
Dengan adanya kandungan asam linoleat (omega 6 dan omega 3), Habbatussauda adalah sebagai nutrisi untuk sel otak dan dapat berfungsi sebagai peningkat daya ingat dan kecerdasa, dan dapat memperbaiki peredaran darah ke otak.

- Meningkatkan bioaktifitas hormon
Salah satu kandungan Habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioktivitas hormon.

- Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Meningkatkan sel-sel T yang naik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami, obat ini sangat efektif bisa mencapai 72% dibandingkan dengan plasebo yang hanya 7%. Dengan demikian Habbatussauda dapat dijadikan untuk penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti AIDS dan kanker.

- Menetralkan racun dalam tubuh
Mempunyai kandungan saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

- Mengatasi gangguan tidur dan stress
Saponin dalam Habbatussauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Fungsi sapion untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress.

- Anti Histamin
Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dan Habbatussauda dapat mengisolasi ditymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial.

- Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
Mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare.

- Melancarkan air susu ibu
Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu.

- Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita
Saat-saat pertumbuhan anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh secara alami, kandungan Omega 3, 6, 9 yang terdapat dalamnya merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

- Anti tumor
Dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody.

- Nutrisi
Kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat cocok untuk lansia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun, dan mengandung 15 macam asam amino penyusun isi protein termasuk didalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup oleh karena itu dibutuhkan suplemen tambahan seperti habbatussauda.
 
Susu Kedelai, Bukan Sekedar Minuman Tapi Juga Obat
Kedelai bukan cuma bisa dijadikan sebagai bahan pembuat tahu dan tempe saja. Tetapi, sekarang kedelai sudah banyak diolah menjadi produk-produk lain, salah satu diantaranya yaitu susu.
Susu sangat identik dengan minuman yang menyegarkan dan juga menyehatkan. Begitu juga dengan susu kedelai. Selain kaya akan protein, ternyata masih banyak kandungan-kandungan lain dalam kedelai yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan-kandungan tersebut antara lain dipercaya bisa untuk mengatasi asam urat, rematik, dan fatigue.
Isoflavon yang ada dalam kandungan sari kedelai mampu meningkatkan transporter molekul, sehingga beberapa estrogen bebas yang berikatan dengan jaringan bisa menurun. Banyaknya senyawa dalam kedelai diantaranya juga bermanfaat untuk mempengaruhi tingkat kestabilan asam urat dalam darah.

Untuk kesehatan tulang, dari hasil penelitian juga diketahui bahwa protein kedelai dengan kandungan isoflavon memberikan efek yang sangat baik dalam menghambat resorpasi tulang dibanding protein tanpa isoflavon. Kandungan kalsiumnya membantu meningkatkan kepadatan tulang dan secara bersamaan juga menguatkan. Bahkan bagi para wanita yang akan memasuki masa menopause(berakhirnya masa kesuburan), asupan isoflavon secara baik dan teratur dipercaya mampu menurunkan sympaton menopause. Efek berikutnya adalah hilangnya sympaton fatigue(rasa lelah).
 
 
Daun Palma untuk Bangunan?
Daun palma ini berada mulai dari Indo-cina ke Selatan sampai Asia Tenggara dan tumbuh liar bahkan dipelihara orang di Indonesia. Biasanya pohon palma tumbuh didaerah yang memiliki ketinggian 250-1000 m diatas permukaan air laut. Daunnya berbentuk kecil dengan ukuran 145-7 cm dimana pada bagian bawah berlapis lilin, bunganya berjenis kelamin tunggal dan terdapat pada labu -1 abu bercabang jantan atau betina.

Pohon palma dipuji bukan karena buahnya yang lezat atau bunganya yang semerbak harum atau daunnya yang rimbun. Pohon palma dipuji karena ia mampu bertahan diterpa badai gurun,teriknya matahari dan keringnya gurun. Itulah sebabnya disetiap arena, di stadium, daun palma menjadi lambang kemenangan dan kejayaan bahkan para Caesar (raja) imperium romawi pun menggunakannya sebagai mahkota kebanggaan.

Dalam hubungannya daun palma sebagai komponen bangunan adalah biasa digunakan sebagaipenutup atap.

Atap daun palma dibuat dari helai-helai daun palma yang dirangkaikan sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan sebagai elemen pelapis atap. Pada umumnya bangunan yang menggunakan atap dari daun palma sebagai komponennya biasanya adalah bangunan seperti gazebo ataupun rumah tinggal sementara. Bangunan dengan atap dari daun palma mempunyai nilai artistik yang tinggi. Bangunan itu akan terlihat lebih natural dan seperti menyatu dengan alam.

Secara teknis:
Helai-helai daun palma disusun sedemikian rupa seperti sebuah anyaman kemudian diikatkan kepada sebatang kayu atau tongkat bambu sehingga menjadi seperti anyaman yang bisa digunakan sebagai penutup atap.
Panjang tangkai daun palma : 5-12 m
Helai daun : 0,5 - 1,5 m
Masa pakai untuk penutup atap : 3-4 tahun setelah itu atap harus diganti.

Yang kedua adalah sebagai barier angin, suara, dan debu di taman kita.
Penggunaan daun palma sebagai elemen dari taman memang bukan barang baru. Selain bentuknya yang artistik palma juga memiliki manfaat selain sebagai elemen untuk keindahan. Tingkat kerindangan tumbuhan palma memang tidak selebat tanaman seperti teh-tehan tetapi daun palma memiliki peran juga dalam menyaring debu ataupun suara yang masuk dari arah jalan.