Saturday, February 2, 2013

manfaat daun pepaya


Daun Pepaya, Manfaatnya Tak Sepahit Rasanya
Pohon Pepaya merupakan tanaman yang sangat mudah untuk berkembang biak. Berbeda dengan pohon Pisang, pohon Pepaya tetap hidup meskipun telah diambil buah dan daunnya. Kita sering menjumpainya di kebun-kebun atau di pekarangan. Harga buah maupun daun Pepaya sangat murah. Banyak kalangan rumah tangga yang mengabaikan pohon ini karena dianggap kurang bermanfaat. Padahal, daun ini mempunyai segudang kegunaan yang sangat penting. Para penjual jamu gendong sering membuat ramuan dari daun Pepaya yang diberi nama jamu brotowali.

Dalam keseharian, kita sering memanfaatkan daun Pepaya sebagai sayur. Beberapa penjual pecel juga menyisipkan daun Pepaya diantara sayur-sayur yang lain dalam menu mereka. Daun Pepaya mempunyai rasa yang sangat pahit. Rasa pahit pada daun Pepaya bisa diakali dengan menambahkan tanah lempung pada rebusan daun Pepaya. Selain mengurangi rasa pahit, tanah lempung juga membantu mempercepat proses melembutkan daun Pepaya. Atau bisa dengan menggunakan segenggam garam kasar, bila kita merasa jijik dengan tanah lempung. Caranya adalah daun Pepaya dicampur dan diremas-remas dengan segenggam garam kasar selama lima menit, dicuci bersih kemudian baru direbus seperti biasa. Selain enak dimakan sebagai sayur, ternyata ada beberapa manfaat lain yang dapat diambil dari daun pepaya. Berikut ini ada beberapa khasiat dari daun pepaya :

1. Obat Jerawat
Jerawat bukan penyakit yang mematikan. Tetapi banyak jerawat membuat kita mati gaya. Daun Pepaya dijemur sampai layu kemudian ditumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air dan oleskan pada daerah yang berjerawat. Kita bisa melakukan sehari dua kali.
2. Pelembut daging
Jika kita merebus daging, maka kita dapat menambahkan daun Pepaya ke dalam air rebusan. Kandungan getah dalam daun Pepaya akan meresap ke dalam daging dan melunakkannya.
3. Untuk melancarkan ASI (Asi Susu Ibu).
Menyusui merupakan fase yang sangat penting bagi pertumbuhan si buah hati. Daun Pepaya yang telah dilembutkan ditempelkan di daerah payudara sang ibu sehingga memperlancar keluarnya ASI.
4. Memperlancar pencernaan
Daun Pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain yang dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
5. Mengobati demam berdarah
Air perasan daun Pepaya dapat meningkatkan jumlah butir darah dalam tubuh. Penderita demam berdarah mempunyai jumlah butir darah yang rendah. Dengan meminum air perasaaan dari daun Pepaya, maka jumlah butir darah akan meningkat tajam.
6. Menghilangkan nyeri haid
Ada sementara wanita yang merasakan nyeri luar biasa pada perutnya pada saat haid. Rebus satu lembar daun Pepaya, kemudian minum air rebusan tersebut, maka rasa nyeri akan segera berkurang.

Demikian beberapa tips memafaatkan daun Pepaya. Selamat mencoba.
 

No comments:

Post a Comment